Walau sering disebut sebagai moda transportasi paling aman, perjalanan udara juga memiliki risiko yang cukup tinggi. Wajar bila rasa takut atau khawatir sering muncul ketika menaiki pesawat, apalagi bagi orang yang baru pertama kali naik pesawat. Bayangan tentang kasus kecelakaan pesawat tampaknya jadi pemicu utama rasa takut tersebut. Walau takut, akan ada situasi di mana kamu harus tetap terbang.

Jangan keringat dingin dulu. Ingatlah kalau perjalanan udara saat ini sudah semakin aman daripada sebelumnya. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengalihkan rasa takut saat naik pesawat. Mulai dari pemilihan tempat duduk hingga membawa beberapa barang yang bisa mengalihkan pikiranmu dari rasa takut. Namun, tak hanya sebatas itu karena masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Pilih tempat duduk di bagian paling depan

Buat kamu yang duduk di kelas bisnis atau priority mungkin tak perlu memilih tempat duduk, tapi buat yang duduk di pesawat ekonomi disarankan untuk memilih tempat duduk yang dirasa paling nyaman. Menurut penuturan beberapa pilot profesional, tempat duduk di bagian paling depan dianggap jadi yang paling nyaman buat orang yang baru pertama kali naik pesawat. Kenapa?

Penumpang yang duduk di bagian belakang akan merasakan guncangan yang lebih keras terutama saat pesawat mengalami turbulensi. Maka dari itu, pilihlah tempat duduk di bagian depan untuk mengurangi efek guncangan tersebut.

2. Bekali diri dengan berbagai pengetahuan seputar keamanan pesawat

Sebelum memulai perjalanan, alangkah baiknya untuk mengedukasi diri sendiri dengan mempelajari berbagai prosedur keamanan penerbangan. Misalnya, menegakkan sandaran kursi dan menaikkan penutup jendela sesaat sebelum take off atau mencari tahu letak masker oksigen dan jaket pelampung di dalam pesawat. Dengan mengetahui hal ini sedari awal, kamu jadi bisa lebih tenang dan siap untuk menghadapi penerbanganmu yang pertama.

3. Bawa barang untuk mengalihkan perhatian

Rasa takut mungkin akan selalu ada, tapi kita bisa mengalihkannya dengan membawa banyak barang yang berfungsi sebagai distraksi. Cobalah bawa beberapa barang favorit yang bisa membuatmu nyaman selama berada di dalam pesawat, seperti MP3 player, buku catatan, novel, dan lain sebagainya. Kalau pesawat yang kamu tumpangi mempunyai fasilitas flight entertainment, manfaatkanlah fasilitas tersebut untuk mengalihkan rasa takut. Pokoknya, buatlah diri kamu sesibuk mungkin mulai dari pesawat take off hingga menjelang landing.

4. Mengatur napas

Ketika rasa takut itu mulai datang, cobalah bernapas dengan tenang dan dalam. Tarik napas dan ikuti dengan membuang napas dalam-dalam. Kombinasikan pernapasan dalam dengan kontraksi otot. Menahan otot bokong dianggap jadi salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan sinyal gelisah yang dikirimkan otak ke bawah tulang belakang. Jadi, ketika kamu merasa cemas, usahakan untuk tidak panik dan aturlah napas sebaik mungkin. Yakinkan diri kalau rasa cemas yang kamu rasakan bukan berarti kamu sedang berada di dalam bahaya.

5. Mencoba menikmati penerbangan

Mungkin akan terasa sulit bagi yang belum pernah naik pesawat. Namun, kamu tetap harus mencoba untuk menikmati penerbangan pertamamu. Bayangkan saja momentum ketika kamu sedang bersantai di tempat tujuanmu nanti, indahnya langit biru yang cerah serta sambutan hangat dari orang terkasih yang menyambutmu di bandara. Bayangan-bayangan seperti inilah yang bisa mengalahkan ketakutanmu.

Yuk, coba lakukan tips di atas agar rasa takut yang kamu rasakan bisa berkurang. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *