Hongmeng bukanlah sistem operasi (OS) satu-satunya yang jadi senjata Huawei dalam melawan dominasi Android. Perusahaan asal China ini juga menyiapkan OS lain bernama Harmony.

Belum lama ini, Huawei telah mengajukan aplikasi mereka dagang ke European Union Intellectual Property Office dengan mendaftarkan Harmony sebagai OS untuk perangkat mobile dan komputer.

Adapun pengajuan tersebut dilakukan Huawei sejak tanggal 12 Juli kemarin dan saat ini, sedang dalam pemeriksaan oleh pihak terkait.

Kabar beredar mengatakan OS ini akan masuk dalam keluarga Ark, di mana salah satunya adalah Hongmeng. OS tersebut dikatakan telah dikembangkan sejak 2015.

Sebelumnya, upaya Huawei dalam mengusik dominasi Android terus dilakukan, mulai dari Hongmeng hingga terbaru Harmony atau bisa jadi Harmony adalah Hongmeng. Sejauh ini kabar ini belum dipastikan dengan pernyataan dari Huawei.

Huawei sendiri dalam beberapa bulan terakhir harus melalui jalan terjal dalam menjalankan usahanya. Perusahaan tersebut masuk ke dalam daftar hitam alias blacklist oleh Departemen Perdagangan Amerika Serikat yang berujung pada pembatasan oleh perusahaan negeri Paman Sam tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *