Batuk adalah reaksi alami tubuh sebagai sistem pertahanan untuk menghilangkan zat dan partikel dari saluran udara dan mencegah benda asing memasuki saluran pernapasan bagian bawah.

Tenggorokan dan saluran udara dilengkapi dengan saraf yang terasa jika bahan atau zat mengganggu mereka. Kondisi ini menstimulasi saraf untuk mengirim sinyal ke otak, di mana otak merespons dengan mengirimkan kembali sinyal untuk melepaskan zat dengan batuk.

aldoctor-batuk

Batuk yang kadang-kadang normal karena dapat membantu memindahkan dahak, yang bertanggung jawab untuk menjaga kelembaban dari saluran udara. Namun, batuk yang menetap, terutama yang berhubungan dengan gejala lain, seperti demam dan dahak atau perdarahan, dapat mengindikasikan kondisi medis.

Tergantung pada durasinya, batuk dapat diklasifikasikan sebagai batuk akut yang berlangsung kurang dari 3 minggu, batuk subakut yang berlangsung 3 hingga 8 minggu dan batuk kronis yang berlangsung lebih dari 8 minggu.

Selain proses normal mengeluarkan benda asing dari tubuh, batuk dapat menjadi gejala penyakit, seperti flu, paru-paru, jantung atau sistem saraf. Dalam hal ini, penampilan batuk juga disertai dengan gejala lain, seperti:

dingin
Demam
Lemas.
Radang tenggorokan
Kesulitan menelan atau batuk saat menelan.
Mengi atau bernafas.
Sesak napas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *