Panasnya duri disebabkan oleh keringat yang terperangkap di belakang kulit dan tidak bisa menguap karena tersumbatnya kelenjar keringat tubuh. Akibatnya, kulit menjadi meradang dan ruam berkembang. Faktor-faktor berikut dapat menghambat kelenjar keringat tubuh:

Iklim tropis. Terjadinya panas berduri dapat disebabkan oleh kondisi cuaca atau suhu lingkungan yang panas dan lembab.
Terlalu panas, misalnya karena dia menggunakan pakaian yang terlalu tebal atau terlalu banyak tidur dengan selimut.
Beberapa aktivitas fisik. Olahraga atau pekerjaan yang membutuhkan aktivitas fisik yang intens dan keringat yang tinggi juga dapat menyebabkan panas yang berduri.
Kelenjar keringat tidak berkembang. Panas pedas lebih mudah untuk bayi, terutama bayi yang dihangatkan dalam inkubator, mengenakan pakaian hangat atau demam. Bayi tidak memiliki kelenjar keringat sepenuhnya dan kadang-kadang dapat mempertahankan keringat di belakang kulit.
Istirahat di tempat tidur terlalu lama. Risiko terlalu panas berduri juga tinggi pada pasien yang harus tinggal di tempat tidur cukup lama.

Diagnosis dan pengobatan keringat

Panas yang berduri dapat diidentifikasi dengan munculnya ruam merah pada lapisan kulit. Seperti disebutkan di atas, kondisi ini biasanya tidak memerlukan bantuan medis. Meskipun panas yang menyengat bukan penyakit serius, tidak ada salahnya dirawat sesegera mungkin. Kondisi ini dapat diobati sendiri di rumah dengan langkah-langkah sederhana, seperti:

Hindari panas yang berlebihan dan tempat di mana paparan panas akan menyebabkan Anda lebih banyak berkeringat dan memperburuk ruam. Disarankan untuk lebih sering berteduh atau mencari tempat yang sejuk untuk menghindari panas. Selain itu, minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi.
Jaga kulit tetap dingin. Untuk mengurangi keringat dan menjaga kulit tetap dingin, berendam atau mandi dapat membantu menyegarkan tubuh dan mencegah keringat berlebih.
Pakailah pakaian longgar. Hindari menggunakan pakaian serat sintetis, seperti poliester atau bahan-bahan ini yang menyerap lebih banyak panas dan membuat Anda lebih banyak berkeringat.
Tablet Antihistamin sangat membantu dalam menghilangkan kulit yang gatal. Namun, tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu apakah obat ini cocok dengan kondisi Anda.
Gunakan krim hidrokortison. Krim ini sangat efektif untuk merawat bagian kulit yang terasa gatal dan iritasi. Tetapi jangan menggunakannya di wajah dan selalu ikuti instruksi pada paket
Gunakan lotion kalamin. Lotion ini dapat membantu meringankan kulit yang teriritasi, teriritasi, atau teriritasi.

Jika langkah-langkah perawatan di atas tidak berhasil, atau setelah 3-4 hari, ruam merah tidak hilang atau bahkan memburuk, segera dapatkan bantuan medis.
Pencegahan panas berduri

Beberapa langkah dapat diambil untuk mencegah panas berduri, yaitu:

Usahakan agar tubuh tidak kepanasan, terutama di musim panas.
Gunakan sabun yang tidak mengeringkan kulit dan tidak mengandung parfum.
Jangan gunakan lotion atau krim yang bisa menyumbat pori-pori kulit.
Hindari mengenakan pakaian ketat yang dapat menyebabkan pernapasan kulit menjadi kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *